Jenis Bahan Packing Barang Favorit Konsumen

Kegiatan mengirim barang tentunya sudah menjadi salah satu rutinitas yang sering dilakukan. Apalagi jika Anda memiliki bisnis online pastinya akan selalu mengirim barang kepada konsumen. Sehingga penting bagi Anda untuk dapat mengetahui jenis bahan packing barang.

Saat packing barang tidak bisa menggunakan bahan pembungkus dengan asal-asalan. Karena jika tidak menyesuaikan dengan barang yang akan dikirim, bisa menimbulkan berbagai resiko. Salah satu resiko yang bisa terjadi adalah kualitas barang bisa menjadi rusak atau menurun. Karena jenis bahan packing barang yang digunakan tidak memiliki ketahanan yang baik.

Untuk menjamin barang tetap aman dan terjaga maka, penting bagi Anda untuk menggunakan jenis bahan yang sesuai. Karena setiap jenis bahan packing memiliki kualitas ketahanan dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan barang yang akan dikirim.

Jenis Bahan Packing Barang

Selain cara packing barang yang baik dan benar. Ada beberapa jenis bahan packing yang sangat sering digunakan untuk mengirim barang. Apa saja jenis bahan packing barang tersebut? bisa Anda simak penjelasannya berikut ini.

1. Bubble Wrap

Bubble wrap, sumber bobvila.com

Bubble wrap, sumber: bobvila.com

Fungsi dari bubble wrap adalah sebagai pembungkus untuk melindungi barang agar tidak rusak akibat dari getaran atau benturan. Jika dilihat tampilan fisiknya adalah lembaran plastik dengan permukaan yang terdiri dari kumpulan bubble yang berisi udara.

Bubble wrap menjadi bahan untuk packing barang online shop yang paling sering digunakan. Karena fungsinya yang sangat aman dalam menjaga barang agar tetap dalam kondisi baik pada saat proses pengiriman berlangsung. Jenis barang yang butuh packing menggunakan bubble wrap seperti elektronik, pecah belah, dan yang sejenisnya.

2. Karton Roll

Karton roll, sumber pregis.com

Karton roll, sumber: pregis.com

Jenis bahan packing yang akan membuat Anda lebih mudah saat membungkus jenis barang dengan ukuran dimensi besar atau bentuknya yang tidak simetris. Jenis bahannya sama dengan karton pada umumnya hanya saja, karton roll merupakan lembaran yang digulung.

Penggunaan karton roll paling umum digunakan untuk membungkus jenis barang dekorasi rumah seperti lukisan dan pajangan. Memiliki ketahanan yang cukup baik dari gesekan dan benturan sedang. Sehingga barang yang Anda kirim kondisinya akan tetap terjaga dari goresan atau lecet.

3. Amplop, Sampul, dan Kertas Kado

Amplop kertas cokelat, sumber lazada.co.id

Amplop kertas cokelat, sumber: lazada.co.id

Sering digunakan sebagai pembungkus dokumen atau jenis barang yang simple dengan ukuran dimensi kecil. Walaupun memiliki tingkat ketahanan yang rendah dan rentan terhadap air karena terbuat dari bahan kertas. Tapi, masih sangat berguna digunakan sebagai bahan untuk packing barang.

Jika Anda adalah pekerja kantor dan sering mengirim dokumen atau berkas pastinya akan sangat pas menggunakan amplop sebagai pembungkusnya. Untuk tetap menjaga dokumen dalam kondisi baik dan aman sampai di tempat tujuan.

4. Peti Kayu

Peti kayu, sumber indonesian.alibaba.com

Peti kayu, sumber: indonesian.alibaba.com

Pengiriman yang dilakukan dengan cara muatan kargo akan lebih aman dan tepat menggunakan peti kayu sebagai bahan pengemasannya. Peti kayu sering digunakan untuk mengemas barang yang bernilai tinggi dan rentan akan kerusakan seperti goresan dan benturan. Sehingga memerlukan pengemasan yang keamanannya tetap terjaga pada saat pengiriman berlangsung.

Bentuk dari peti kayu bisa Anda ikuti sesuai dengan dimensi barang yang akan dikirim. Pengiriman biasanya menggunakan armada berukuran besar untuk memuatnya. Jika Anda berdomisili di Jawa Tengah, bisa sewa truk Jogja untuk mudahkan dalam pengiriman. Pastikan bahwa peti kayu yang dibuat benar-benar sudah melindungi barang secara menyeluruh.

5. Kardus

Kardus, sumber my-best.id

Kardus, sumber: my-best.id

Memiliki fungsi yang sangat efektif untuk memuat barang dalam jumlah yang banyak dalam satu kali pengemasan. Agar bisa memuat barang sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan. Pilihlah dimensi kardus yang memiliki ukuran besar dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Perlu diperhatikan juga bahwa kardus digunakan untuk mengemas barang yang tahan akan benturan dan tekanan. Jenis barang yang sering menggunakan kardus seperti pakaian, sepatu, buku, dan sebagainya. Jadi, jika Anda memiliki bisnis online pada bidang fashion akan sangat efisien menggunakan kardus sebagai bahan packingnya.

6. Styrofoam

Kardus styrofoam, sumber abcplastik.co.id

Styrofoam, sumber: abcplastik.co.id

Meskipun memiliki bahan yang lunak styrofoam tidak mudah rusak dan tahan akan benturan. Sehingga packing barang menggunakan styrofoam kemanannya akan tetap terjaga. Barang akan terlindungi secara baik dan tidak mudah rusak pada saat pengiriman langsung sampai kepada penerima.

Jika Anda mengirim barang dan rentan akan kerusakan yang diakibatkan dari guncangan atau benturan. Styrofoam bisa menjadi pilihan bahan packing barang yang tepat. Selain itu, juga memiliki bobot yang ringan dan mudah untuk digunakan saat pengemasan.

7. Plastik dan Stretch Film

Plastik dan strecth, sumber: bukalapak.com

Plastik dan strecth, sumber: bukalapak.com

Tingkat ketahanannya akan air yang cukup baik menjadikan plastik dan strecth film sering digunakan sebagai layer dari bahan packing. Tujuannya dijadikan layer adalah untuk memberikan keamanan ekstra pada barang. Biasanya digunakan pada barang dengan proses pengiriman yang panjang.

Selain menjadi layer plastik dan stretch flm juga bisa digunakan sebagai pembungkus utama. Hanya saja barang akan dibungkus agak lebih tebal agar tetap aman dan terjaga. Hal ini bisa Anda lakukan jika ingin packing barang secara cepat dan alamat penerima yang dekat. Jenis bahan untuk packing barang online shop yang paling diminati karena praktis dan mudah saat digunakan.

Itulah penjelasan mengenai jenis bahan packing barang yang sering digunakan dan favorit saat melakukan kegiatan pengiriman. Untuk penggunaannya tentu disesuaikan dengan jenis barang dan dimensi ukurannya. Dengan mengetahui fungsi dan kegunaan dari bahan packing akan memudahkan Anda untuk menjaga kondisi barang tetap aman selama proses pengiriman berlangsung.

Dalam mengirim barang pastinya melalui ekspedisi atau jasa pengiriman barang. Jika Anda ingin mengirim barang bisa langsung saja hubungi kami Global Transport. Tersedia berbagai jenis ekspedisi baik darat, laut, dan udara. Ada juga jasa angkut Jogja dan jenis pelayanan lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Semoga dengan berbagai informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna. Anda juga masih bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya hanya di laman Global Transport.