Jenis Truk yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Pesan Layanan Angkut

Dalam keperluan paket antar logistik atau yang sejenisnya, jasa sewa truk untuk pengiriman kapasitas besar menjadi lebih menguntungkan jika dimanfaatkan. Tidak harus memiliki sendiri berbagai jenis truk kecuali jika mampu mengalokasikan biaya operasional tambahan. Sehingga usaha-usaha antar paket cukup sekedar memanfaatkan berbagai jenis truk pada jasa sewa kendaraan.

Sewa truk Jogja memungkinkan setiap pelanggan memilih sendiri jenis truk yang diinginkannya sesuai kebutuhan masing-masing. Seperti apa jenis truk yang tersedia? Pelanggan perlu mengetahui hal ini agar dapat memilih dengan tepat. Simak ulasannya berikut ini.
Tronton, sumber PT Duta Jaya
Tronton, sumber PT Duta Jaya

Jenis Truk Angkut Logistik

Ada berbagai jenis truk angkut baik yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau disewakan untuk menyediakan kebutuhan pengiriman paket ke berbagai tempat. Antara jenis truk memiliki perbedaan spesifikasinya. Sehingga bagi Anda yang membutuhkan pengiriman paket menggunakan sewa truk, perlu memahami berbagai macam truk ini.

1. Truk Tronton

Jenis truk tronton adalah salah satu yang paling sering dikenali banyak orang. Tronton adalah kendaraan pengangkut yang memiliki 3 sumbu dengan jumlah roda 10 dan konfigurasi rodanya adalah 2 – 4 – 4. Kapasitas truk tronton mampu membawa barang sebanyak 30 kubikasi dengan berat maksimal 10 ton. Tronton menjadi salah satu truk yang cukup digemari oleh pelaku bisnis ekspedisi truk, karena selain harganya murah, dalam 1 tronton mampu membawa barang yang cukup banyak.

Trailer, sumber Best Trailer, sumber Best

2. Truk Trailer

Jenis truk trailer merupakan kendaraan pengangkut yang dikenal luas juga. Bisa dikatakan kapasitasnya yang paling besar diantaran kendaraan pengangkut logistik lainnya. Sehingga jenis trailer cocok bagi Anda yang memerlukan kendaraan angkut dengan volume besar serta beban yang berat.

Trailer memiliki bak sepanjang 14 meter dengan lebar 2,5 meter. Berat beban yang dapat ditanggung kendaraan ini bisa mencapai 60 ton. Namun berbeda untuk muatannya. Untuk ukuran berat beban muatan maksimal yang dapat ditanggung sekitar 45 ton.

Fuso, sumber Merdeka Fuso, sumber Merdeka

Kendaraan jenis pengangkut raksasa yang satu ini memiliki fitur lock system pada bagian bak. Sehingga muatan tersimpan lebih kuat pada kendaraan angkut saat sedang berjalan dengan kecepatan tertentu. Terdapat pula jenis-jenis truk trailer di antaranya adalah flat track, flatbed, lowbed, box dan lain-lain.

3. Fuso

Beralih ke jenis truk fuso yang merupakan kendaraan pengangkut yang lebih ringan daripada jenis tronton dan trailer. Truk fosu juga terdapat dua macam yaitu fuso angkut ringan dan fuso angkut berat. Keduanya berbeda dari sisi kemampuan kapasitas angkutnya.

Ukuran dimensi truk fuso ringan adalah 500cm x 200xm x 200cm dengan kemampuan angkut seberat 5 ton. Sedangkan ukuran dimensi truk fuso berat adalah 570cm x 230xm x 220cm dan dapat mengangkut beban hingga 8 ton. Selain itu terdapat jenis fuso bak yang bak belakangnya terbuka yagn berbeda dengan box.

Truk Engkel, sumber TPP Trucking Truk Engkel, sumber TPP Trucking

4. Truk Engkel

Jenis truk engkel bisa jadi merupakan kendaraan yang paling banyak terdapat di lintasan sebagai pengangkut. Karena memang ukurannya untuk angkutan muatan kecil dan lebih fleksibel untuk angkutan ke berbagai tujuan. Berbeda dengan truk angkut sangat besar yang hanya berada pada jalur khusus.

Truk engkel diketahui memiliki panjang sekitar 6 meter dan lebar 2,45 meter. Sementara itu, kotak di area belakangnya mempunyai tinggi sekitar 1,8 meter. Kapasitas maksimal truk engkel adalah 14000 kg dengan bak terbuka yang bisa ditambahkan penutup tidak permanen.

5. Colt Diesel Double

Selanjutnya adalah jenis truk Colt Diesel Double yang merupakan salah satu jenis angkutan logistik yang sering digunakan. Namun dilihat dari namanya, bisa saja tidak banyak pelanggan angkutan logistik yang familiar dengan jenis yang satu ini. Di Indonesia, tidak jarang truk ini dipanggil dengan sebutan truk canter. Ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan truk engkel, yakni volume muatan 12 CBM dan berat muatan maksimal 4 Ton.

CDD, sumber Long Tech CDD, sumber Long Tech

Jenis truk Colt Diesel Double atau CDD mempunyai 6 roda dengan 2 sumbu. Konfigurasi roda dari CDD ini adalah 2 rode didepan dan 4 roda dibelakang untuk memikul berat. CDD dapat memikul beban sebesar 4 ton dalam sekali perjalanan.

6. Truk Pick Up

Truk Pickup adalah jenis truk yang paling kecil, mereka hanya memiliki 2 jumlah sumbu dan 4 jumlah roda. Rata-rata, pick up memiliki volume maksimal 1 kubikasi dan berat muatan maksimal 1,5 Ton, kecuali dengan pick up bak dengan volume maksimal 6 kubikasi.

Dengan kondisi seperti ini, truk pickup di Indonesia umumnya dipanggil dengan sebutan mobil pickup, baik itu mobil pickup bak, box maupun gran max. Mobil pick up favorit masyarakat Indonesia sendiri ada 3, yaitu carry pick up, l300 dan grand max/blind van.

Jenis Bak

Sebagai tambahan dari ulasan seputar jenis truk yang sering digunakan, perlu dipahami ada perbedaan untuk tempat barang yang digunakan. Jadi, selain jenis kendaraannya, perbedaan tempat barang ini juga perlu diketahui. Apa saja? Berikut diantaranya.

Pick Up, sumber Global Transport Pick Up, sumber Global Transport

1. Bak Terbuka

Tempat penyimpanan barang untuk truk angkut yang pertama adalah bak terbuka. Hal ini mudah diketahui karena ciri-cirinya tampak yaitu bak yang tidak ada penutup di atasnya.

2. Box

Selain bak terbuka, terdapat tempat penyimpanan pada kendaraan angkut yaitu box. Sebagaimana namanya, box adalah bak tertutup atau tempat penyimpanan yang memiliki jumlah sisi seperti kotak (box).

3. Wing Box

Untuk wing box, sebenarnya merupakan tempat penyimpanan yang seperti box. Perbedaannya ada pada akses untuk keluar masuk barang. Pada wing box, akses barang bukan hanya dari pintu belakang, tetapi juga sisi samping yang dapat terbuka.

4. Container

Untuk kontainer merupakan box dengan kapasitas besar yang tidak dapat diakses saat proses angkut. Truk yang membawa kontainer adalah jasa angkut yang hanya sekedar memindahkan kotak container dari satu tempat ke lokasi tujuannya. Bukan mengeluarkan dan memasukkan barang.

Itu dia ulasan seputar jenis truk untuk Anda ketahui. Semoga dengan informasi ini Anda dapat memilih kendaraan angkut yang sesuai kebutuhan Anda. Simak terus berbagai ulasan informasi seputar jasa angkut lainnya di website PT Global Transport.