Inilah Rekomendasi Mobil Pick Up Untuk Layanan Angkut Barang

Mobil pick up adalah salah satu kendaraan yang fungsional sekali untuk berbagai keperluan angkut barang. Karena tidak harus selalu sewa truk Jogja karena terkadang keperluan angkut hanya untuk kapasitas yang tidak besar. Lantas, apa saja rekomendasi jenis mobil pick up untuk keperluan angkut ini?

Di Indonesia mobil pick up bahkan merupakan sarana untuk bisnis yang paling fleksibel. Seperti jika dibandingkan dengan pertokoan yang menetap di suatu tempat, dengan menggunakan pick up para pedagang dapat berjualan hingga ke pelosok pemukiman sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Nah, seperti apa ulasan seputar pick up ini? Simak informasinya berikut ini.

Mobil Pick Up

Sebelum melihat rekomendasi jenis mobil pick up untuk dimanfaatkan, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa informasi seputar pick up. Mulai dari awal penggunaan mobil angkut yang satu ini hingga tipe-tipenya. Agar dapat lebih mengerti bagaimana memanfaatkan sarana angkutan ini.

Dilihat dari tampak luarnya, mobil pick up ini memang seolah seperti mobil penumpang namun dimodifikasi terbuka pada bagian belakangnya. Bagian belakangnya ini dibuat sebagaimana bak yang nantinya berfungsi untuk memuat barang yang diangkut. Karena memang pada awalnya kendaraan ini digunakan untuk mengangkut barang dari kapal laut ke darat.

Jadi kendaraan pada awalnya seringkali sebagai angkutan barang untuk hasil laut maupun berbagai barang untuk didistribusikan. Saat ini, mobil pick up digunakan untuk angkutan namun tidak harus dari laut ke darat. Melainkan seluruh distribusi angkutan juga digunakan.


Mitsubishi L 300, sumber Kompas
Sumber Kompas

Untuk tipe mobil pick up, setidaknya dikenal dalam dua tipe yaitu kabin ganda dan kabin tunggal. Namun ada juga yang mengenal tipe diluar keduanya yaitu ekstra kabin. Apa maksud dari kabin ganda, tunggal dan ekstra kabin?

Mobil pick up kabin ganda adalah tipe mobil pikap yang memiliki dua kabin di depan yang bisa membawa 3-4 penumpang dan pengemudi. Tipe ini tidak digunakan hanya untuk keperluan komersial saja, tetapi juga digunakan oleh kepolisian, pemadam kebakaran, dan instansi-instansi lainya karena kemampuannya bisa melibas medan berat (off road). Namun kabin ganda akan memperkecil ukuran bak belakangnya.

Sedangkan pick up kabin tunggal memang tidak banyak dapat memuat penumpang. Namun utamanya memang digunakan untuk angkutan dengan luas bak yang lebih besar. Ini tipe bodi paling dasar dari sebuah pick up, yaitu hanya terdiri dari satu kabin saja.

Sedangkan ekstra kabin merupakan tipe yang memiliki tambahan disamping dua tipe kabin lainnya. Ciri bodi pick-up ini adalah di belakang jok pengemudi dan penumpang depan terdapat ruang penyimpanan atau tempat duduk dengan legroom terbatas. Ruang tambahan ini di sisi kanan dan kiri umumnya diberi kaca yang tidak bisa dibuka (diturunkan).

Rekomendasi Jenis Pick Up


Daihatsu Gran Max, sumber Daihatsu Jogja
Daihatsu Gran Max, sumber Daihatsu Jogja

Ada berbagai produsen pick up ternama dengan kelebihannya masing-masing. Karena itu sebagai konsumen layanan jasa angkut Jogja atau bahkan jika ingin memiliki kendaraan mobil pick up, berikut informasi seputar jenis pick up yang perlu Anda ketahui.

1. Mitsubishi L 300

Di Indonesia, Mitsubishi L 300 adalah jenis pick up yang paling dikenal bahkan legendaris di kalangan tertentu. Hal ini karena pick up yang satu ini sudah digunakan sejak tahun 1980-an. Dari sejak tahun 80-an hingga kini bentuknya pun tidak banyak berubah.

Mitsubishi L 300 bisa menaklukkan hampir segala medan. Sedangkan mesinnya memiliki kapasitas sebesar 2.500 cc. Selain itu kemudinya juga menggunakan power steering sehingga dapat menghemat energi saat dikemudikan. Terkait ukuran bak belakang L300, panjangnya 2.430 mm, lebar 1.600 mm, serta tinggi 360 mm (versi standard) dan 310 mm (versi flat bed).

2. Daihatsu Granmax

Daihatsu Granmax memiliki dua pilihan mesin, 1.3 Liter dan 1.5 Liter. Khusus varian 1.3 Liter bisa melontarkan torsi 114,7 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimalnya 88 PS pada 6.000 rpm. Sementara Granmax 1.5 Liter mampu memuntahkan torsi lebih istimewa mencapai 134,3 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga 97 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan dimensi panjang baknya adalah 2.350 mm, lebar 1.585 mm dan tinggi 300 – 360 mm.

3. Suzuki Carry

Suzuki Carry telah berevolusi semakin modern dengan generasi terbarunya muncul pada 2019 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Kini Carry menggunakan mesin bensin 1.462 cc berbasis kepunyaan Ertiga. Torsinya 135 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 97 PS pada 5.600 rpm.


Suzuki Carry, sumber Bisnis.com
Suzuki Carry, sumber Bisnis.com

Soal kapasitas bak Suzuki Carry memiliki dua pilihan varian: flat deck dan wide deck. Bak versi flat deck punya panjang 2.505 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 360 mm. Sementara wide deck panjangnya 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm. Dimensi tersebut cukup besar untuk sebuah pick up.

4. KIA Big Up

Kia Big Up punya bak dengan panjang 2.900 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 400 mm. Mesin Kia Big Up berkapasitas 2.698 cc diesel yang mampu mengeluarkan torsi 164,7 Nm pada 2.400 rpm dan tenaga 80 PS pada 2.400 rpm. Dilihat dari ukuran bak dan tenaganya, kendaraan ini mampu mengangkut banyak barang sekaligus.

Itu dia beberapa rekomendasi jenis pick up yang bisa Anda gunakan. Dengan mengetahui informasi ini, Anda jadi tidak perlu bingung saat diminta memilih oleh jasa angkut langganan Anda. Simak berbagai ulasan lainnya di halaman PT Global Transport.