Mengenal Alat Berat Loader

Salah satu jenis alat berat yang sering digunakan pada proyek konstruksi yaitu Loader. Dalam pengertiannya loader adalah alat berat yang digunakan untuk memuat hasil galian atau timbunan dari alat lain untuk dipindahkan ke alat pengangkut lain namun dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Fungsi Loader dapat digunakan untuk pekerjaan seperti land clearing, penggusuran tanah, perataan timbunan material, mengangkut bahan material, mengelupas permukaan tanah, dan finishin dengan menghaluskan atau meratakan bidang pekerjaan.

Pada pengerjaannya, produktivitas Loader dapat dipengaruhi oleh beberapa hal dapat menentukan hasil kerja. Hal tersebut diantaranya adalah jenis dan kondisi material, tipe bucket dan kapasitasnya, jangkauan wilayah pergerakan loader, durasi siklus loader, dan waktu efisien loader.

Cara Kerja dan Fungsi Loader

Untuk mengoperasikan Loader tentu operator harus mengetahui komponen- komponen beserta cara kerja yang terdapat pada unit ini. Terlebih pada kegiatan pengisian bucket Loader dan bongkar muat loader agar alat ini dapat bekerja dengan efisien dan hemat waktu.

Loader bekerja dengan mengguanakan sistem hidrolik. Penggunaan tenaga hidrolik memiliki daya atau tenaga yang sangat besar, sehingga bisa memungkinkan untuk mengeruk, mengangkut material atau benda yang berukuran besar.

Cara kerja Loader adalah pada saat pengisian bucket, pada awalnya ujung bucket menyentuh permukaan tanah atau material kemudian loader maju perlahan seperti mengeruk hingga material tersebut masuk ke dalam bucket dan bergerak turun. Pada saat material sudah masuk ke bucket maka bucket diangkat agar material tidak keluar.

Pada saat bongkar muat seperti untuk membongkar muatan bucket ke truk atau bak truk maka loader bergerak maju dan arm beserta bucket diangkat hingga posisi bucket di atas truk. Kemudian bucket diputar ke bawah secara perlahan hingga material mengisi bak truk. Setelah bucket kosong putar kembali bucket ke atas dan mundur perlahan.

Pada saat pengisian terdapat tiga metode untuk memuat material dari loader ke dalam truk yaitu I Shape loading, V shape Loading, dan Pass Loading.

Spesifikasi Loader

untuk mengetahui bagian- bagian Loader, maka konsumen perlu mengetahui spesifikasi Loader dan komponen yang terdapat pada Loader. Secara garis besar loader memiliki tiga bagian utama yaitu Cab atau kabin yang berarti tempat untuk operator menjalankan mesin. Cabin terdiri dari ruangan berpintu seperti bilik kaca pada bagian tengah alat dan tidak tertutup. Bagian kedua adalah Lift Arm yaitu bagian yang terpasang pada depan loader yang berguna untuk mengankat bucket dengan gerakan ke atas dan bawah. Lift arm bekerja dengan sistem hidrolik. Yang terakhir adalah bucket atau ember yang berbentuk seperti sekop besar berguna untuk mengeruk dan mengangkat material.

Seringkali Loader diaplikasikan dengan tambahan attachment seperti bucket, forklift and backhoe untuk menambah nilai efisien suatu pekerjaan. Dengan attachment tersebut penambahan alat pada proyek bisa dipangkas. Seperti pada multipurpose bucket, bucket terdiri dari dua bagian yang dapat dibuka di bagian tengahnya seperti clamshell.

Jenis Loader

Sebelum memilih jenis alat berat ini, konsumen terlebih dahulu perlu mengetahui jenis- jenis Loader agar dapat menggunakan loader tepat sasaran atau sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang sedang dilakukan. Loader yang dikenal selama ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Loader dengan roda rantai atau disebut dengan Crawler Loader dan Loader dengan roda karet yang biasa disebut Wheel Loader. Keduanya sering digunakan dalam proyek- proyek konstruksi.

Pada aplikasinya baik wheel loader maupun crawler dapat digunakan untuk mengangkut material, perbedaannya adalah terletak pada crawler Loader berroda hampir sama dengan dozer namun dipasang maju ke depan untuk kestabilan alat pada saat mengangkut material. Sedangkan Wheel Loader memiliki 4 wheel drive yang sesuai untuk membawa bucket dengan penuh muatan dan rear wheel drive dipakai untuk fungsi penggalian.

Peran Loader tentu sangat penting untuk kelancaran pekerjaan pada proyek- proyek konstruksi. Dengan penggunaan loader tentu pekerjaan akan lebih efisien dan maksimal. Untuk mendapatkan alat berat laoder, konsumen bisa menyewanya di Sewa Loader Jogja dan dapatkan harga terbaik.