Informasi Penting Proses Pengiriman Barang dari Titik Awal ke Tujuannya

Menggunakan jasa angkut barang kapasitas besar baik dalam hingga luar kota memang sudah instan dan tidak perlu repot lagi. Karena sudah terdapat jasa angkut Jogja untuk barang yang menggunakan armada besar yang mampu mengirim barang dengan cepat ke berbagai tujuan. Namun seperti apa proses pengiriman barang yang dilakukan?

Pengiriman barang kapasitas besar untuk tujuan jauh misalnya ke luar kota pasti ada resikonya. Meskipun dengan jasa sewa truk terpercaya, namun setidaknya kita mengerti proses pengiriman barang mulai dari penerimaan hingga sampai tujuannya. Ketahuilah berbagai informasi seputar proses pengiriman barang berikut ini.

Informasi Seputar Pengiriman Barang

Dalam proses pengiriman barang, apa saja tahapannya serta tahapan mulai dari awal barang diserahkan hingga sampai pada tujuannya? Semua informasi seputar pengiriman barang ini dapat memberikan gambaran tentang seberapa aman sebenarnya saat kita menitipkan barang bernilai tinggi kepada jasa angkut barang manapun.

Proses Pengiriman Barang

Bagaimana proses pengiriman barang dilakukan? Hal ini mungkin sudah tergambar apalagi bagi Anda yang sering menggunakan jasa angkut barang. Tahapan pengiriman barang ini mulai dari pemesanan jasa, pendistribusian, sampai ke tujuannya. Namun didalam tahapan ini tentu saja banyak hal yang perlu dipenuhi atau disetujui.

Syarat Administrasi

Saat pemesanan jasa angkut agar disetujui pengirimannya, ada syarat administrasi yang perlu dipenuhi. Syarat ini meliputi surat-surat hingga pembiayaannya. Sehingga tentu saja tidak sekedar membayar dan proses pengiriman barang dapat dilakukan. Biasanya apa surat yang perlu disiapkan?

Ilustrasi Barang, sumber Dian Barus Ilustrasi Barang, sumber Dian Barus
Surat yang perlu dipersiapkan mungkin berbeda antara jenis barang dan tujuan pengiriman hingga kapasitas barangnya. Namun secara umum surat yang diperlukan biasanya terkait identitas, data barang, keterangan legal atau asli, surat pajak dan lainnya. Untuk lebih tepatnya Anda dapat bertanya kepada jasa angkut yang Anda kehendaki.

Untuk pembiayaan tentu saja memang harus ada. Baik pihak yang menyediakan jasa angkut hingga konsumen pasti sudah maklum akan hal ini. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mengetahui rincian biaya dari total yang dikeluarkan sehingga Anda mengerti seberapa besar biaya perjalanan angkut termasuk biaya yang diambil oleh jasa. Bisa saja tampak besar, namun ternyata pihak layanan hanya mengambil untuk sedikit saja sehingga sudah adil dari sisi pembiayaannya.

Ketentuan Barang

Untuk pengiriman barang, tentu saja tidak semua barang dapat dikirimkan begitu saja. Harus ada ketentuan yang dipenuhi baru kemudian barang dapat diantarkan ke tujuannya. Misalnya tentang jenis barang apakah mudah rusak atau tidak, antara jenis barang yang berupa cairan dan selainnya serta kapasitas seberapa yang dapat dikirim untuk sekali proses.

Terdapat jenis barang mudah rusak misalnya buah-buahan, sayuran, telur, barang elektronik dan lainnya. Barang-barang seperti ini memang memiliki waktu yang terbatas untuk dikirimkan serta perlindungan kemasannya oleh karena kondisi yang mudah rusak. Jika barang yang Anda ingin kirimkan seperti jenis ini, proses pengemasannya memang harus menjadi pertimbangan utama.

Mengenai barang yang berupa cairan, hal ini memerlukan kondisi khusus. Karena cairan ini dari sisi tempat untuk meletakkannya, kemungkinan pencemarannya, resiko kebocorannya dan faktor lainnya yang sejenis ini berbeda dengan faktor resiko pada jenis benda padat. Biasanya ketentuannya sebagai berikut :

Sewa Truk Jogja, sumber Global Transport Sewa Truk Jogja, sumber Global Transport
1. Apakah mudah sekali tumpah terlebih lagi jika ada goncangan selama pengiriman berlangsung?
2. Sejauh mana kesulitan dalam hal packing atau pengemasan agar bahan tersebut tidak tumpah, merembes atau terciprat?
3. Apakah mudah menguap bahkan sampai menyebabkan ledakan dan kebakaran?
4. Jika mengandung bahan kimia tertentu, apakah baunya menyengat sehingga mengganggu orang disekitarnya?

Untuk kapasitasnya tentu saja diperlukan informasinya secara tepat. Jasa angkut memiliki armada sewa truk yang berbeda-beda. Perbedaan ini juga menyangkut biaya operasional transportasinya. Sehingga nantinya akan dibedakan jenis layanan serta harga berdasarkan kapasitasnya.

Perjalanan Barang

Untuk perjalanan barang, merupakan informasi yang berkaitan dengan transportasi barang dari titik awal hingga tujuan akhirnya. Nah, berikut gambarannya.

1. First-Mile

First mile merupakan langkah awal dalam proses rantai pasok. Pada tahap ini, terjadi perpindahan barang dari tempat jasa pengiriman atau dijemput oleh jasa pengiriman dari tempat produksi barang ke distribution centre atau gudang yang nantinya akan melalui tahapan sortir. Namun, definisi first-mile dapat berbeda, tergantung pada industrinya. Bagi toko retail, tahap ini terjadi ketika barang dari pemasok dikirimkan ke gudang retailer, sedangkan manufaktur mengartikan tahap ini sebagai perpindahan barang dari pabrik ke gudang.

Semakin banyak barang yang diproses maka gudang yang dibutuhkan akan semakin besar. Biaya pembuatan/sewa gudang semakin banyak. Untuk meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan, Anda dapat menggunakan Software Manajemen Inventory untuk mengatur dan mengoptimalkan penggunaan gudang.

2. Middle-Mile

Pada tahap ini, barang yang sudah disortir di gudang selanjutnya didistribusikan ke distributor melalui berbagai jalur pengiriman yaitu darat, udara, dan laut. Dari distributor, barang kemudian akan disalurkan ke toko yang mengajukan permintaan. Namun, saat ini banyak retailer yang melewatkan tahap middle-mile, dari first-mile mereka langsung mengirimkan ke lokasi tujuan (last-mile).

Ilustrasi Tranport Barang, sumber Urusan Dunia Ilustrasi Tranport Barang, sumber Urusan Dunia
Saat proses pengiriman, seringkali pengirim kehilangan jejak barang mereka. Transparansi status barang masih sering memicu kekhawatiran. Apalagi jika barang yang dikirim mudah rusak, cepat busuk, mahal, dan sebagainya.

3. Last-Mile

Sesuai dengan namanya, last-mile merupakan tahap terakhir dari proses rantai pasok. Pada tahap ini, barang yang telah dikirim ke toko-toko, dapat langsung didistribusikan ke tujuan akhir atau lokasi pelanggan. Pelanggan juga dapat mengakses langsung dengan membeli barang di toko.

Itu dia beberapa informasi seputar proses pengiriman barang yang perlu diketahui bagi Anda yang ingin menggunakan layanan jasa angkut barang hingga ke luar kota. Dengan mengetahui informasi ini, kita dapat memastikan resiko dan keamanan barang yang kita kirimkan. Semoga bermanfaat.