Rental Sewa Scraper Jogja Murah Solo Semarang Klaten

Alat pengeruk yang biasa dipakai adalah Sewa Scraper Jogja, karena bisa diandalkan dalam hal mengeruk, mengangkut, menabur atau menyebarkan tanah ( mungkin juga pasir), dan mengangkat dan menyebarkan kembali hasil pengerukan secara berlapis. Scraper dapat digunakan sebagai alat pengangkutan untuk jarak yang relatif jauh ( kurang lebih hingga 2000 meter) pada tanah datar dengan alat penggerak roda ban karet. Pemilihan alat ini akan dijelaskan secara lebih detail dibawah ini. 

Sewa Scraper Jogja, Cegah Spillage

Material yang biasa diolah dengan Sewa Scraper Jogja adalah  material yang biasa dipakai untuk proyek. Seperti tanah, pasir, kerikil, dan lain – lain. Karakteristik material yang  mudah tercecer, seringkali merepotkan pekerja bangunan karena terjadi spillage (tumpahan material). Maka dari itu, alat ini sangat dibutuhkan untuk mencegah spillage tersebut terjadi. Supaya tidak terjadi kerugian yang lebih pada si pembuat proyek. Sehingga dana tidak akan terbuang percuma hanya untuk mengganti tumpahan material. 

Panjang Jarak Tempuh Sewa Scraper Jogja

Panjang jarak tempuh yang akan dilalui adalah hal yang harus dipertimbangkan selanjutnya. Jika jarak tempuh yang harus dilalui lebih dari 2000 meter, maka alat berat yang diperlukan harus lebih banyak, karena dimungkinkan adanya estafet. Alat berat ini hanya mempunyai jarak tempuh maksimal hingga 2000 meter saja.

 

Variasi

Terdapat macam – macam variasi dari alat berat ini. Yang pertama adalah Towed Scraper, cara menggerakkannya adalah dengan ditarik oleh bulldozer atau bisa juga alat berat lain yang mempunyai attachment. Alat ini harus ditarik karena tidak dilengkapi dengan mesin, dengan demikian tenaganya didapat dari kekuatan bulldozer atau alat berat lain (diutamakan yang mempunyai mesin ganda). Kelemahannya adalah alat ini dapat menempuh jarak tidak lebih dari 500 meter saja. Jenis kedua adalah Motor Scraper, dengan cara pengoperasiannya yaitu dengan menggunakan mesin tunggal (front) dan ada yang menggunakan mesin ganda (front and rear). Pada alat dengan mesin tunggal, harus dibantu alat berat lain yang berfungsi sebagai pendorong. Untuk alat dengan mesin ganda sangat efektif digunakan untuk mengolah material atau tanah yang diambil dalam kondisi tidak terlalu keras dan medan operasinya memotong atau meratakan bukit yang cukup luas. Hub kami sewa mobil Jogja Global Transport.

 

Kolaborasi

Alat berat ini seringkali dipakai bersamaan dengan atau berkolaborasi dengan Motor Grader atau Wheel Loader. Hal tersebut dikarenakan pada Scraper bermesin tunggal sering meminjam tenaga atau kekuatan dari kedua alat tersebut. Dengan begitu, alat tersebut dapat mencapai jarak tempuh yang lebih jauh.

 

Kondisi Jalan

Kondisi jalan yang tidak beraturan, bergelombang, atau agak lunak terkadang menyulitkan proses pengerjaan pengerukan, pengupasan, atau penyebaran material menggunakan alat ini. Terlebih lagi pada lahan gambut yang cenderung menelan roda penggerak dan bahkan tidak jarang memendam roda penggerak tersebut. Terkadang juga ada roda yang terjebak dan membutuhkan bantuan alat berat Jogja lain untuk membebaskannya dari cengkeraman lahan yang lunak.

 

Bagian Utama

Bagian utama dari alat ini adalah bowl atau mangkok yang berfungsi sebagai pemuat, pengangkut, dan pembongkar (pengeruk). Bowl ini terdiri dari cutting blade yang terletak di bagian depan, gate yang ada di bagian dinding, dan ejector gate yang berfungsi untuk memuat dan membongkar. Ejector ini letaknya ada di belakang bowl. Ejector ini bergerak ke belakang dan selanjutnya dalam posisi yang vertical geraknya diperluas dari sisi satu ke sisi yang lain. Pada saat akan memuat, nantinya ejector gate ini berada pada posisi dekat dengan cutting edge, kemudian bergerak ke belakang ketika muatan telah bertambah.

 

Pengelupasan Tanah

Pada pekerjaan cut and fill atau biasa disebut pengelupasan tanah Scraper sering dipakai pada saat pengerjaan proyek dam, jalan raya, Bandar udara, dan lain sebagainya. Ekonomis tidaknya penggunaan alat ini ketika proses pengerjaan proyek sangat bergantung pada empat hal, yaitu material yang akan diangkut, panjang rute yang akan dilalui, keadaan rute yang akan dilalui, dan peralatan pembantu lain yang akan digunakan. Dengan mengambil contoh kasus seperti berikut: apakah mesin bisa melakukan maneuver tanpa kesulitan tenaga di lokasi pekerjaan, jika iya maka scraper bisa digunakan. Kemudian apakah jarak pembuangan antara 30 meter hingga 2 kilometer, jika iya maka scraper dapat digunakan.

Mempermudah Pekerjaan

Jika kemiringan medan atau tanah sudah memenuhi syarat, material yang diangkut tidak merusak karet ban, kelembaban atau moisture tanah lebih dari 35 persen, dan lain sebagainya sudah memenuhi syarat, maka scraper bisa digunakan dengan baik pada pengerjaan proyek tersebut. Jadi, pastikan anda untuk Sewa Scraper Jogja.