Tips Meninggalkan Mobil saat Berliburan Agar Aman dan Terjaga

Ketika musim liburan saat seperti sekarang ini, banyak pemilik kendaraan yang meninggalkan mobil di rumah dalam waktu yang lama. Selain oleh karena ingin beristirahat salah satunya dengan tidak mengemudikan kendaraan sendiri, destinasi berliburan yang sangat jauh juga membuat pemilik kendaraan harus memarkir kendaraannya di rumah.

Membiarkan mobil tidak dikemudikan sehingga tidak dihidupkan mesinnya dalam waktu 10 hari hingga 2 minggu ternyata memang ada dampak negatifnya. Namun dampak negatif seperti kerusakan atau masalah pada mobil dapat terhindar jika kita memperhatikan beberapa hal. Simak ulasannya berikut ini.

Tips Meninggalkan Mobil

Selain mengkhawatirkan keamanan kendaraan Anda, meninggalkan mobil dalam waktu lama juga dapat membuat masalah pada kendaraan. Lantas seperti apa tips meninggalkan mobil agar tidak rusak saat digunakan kembali? Berikut beberapa yang bisa kami berikan.

1. Lipat Gandakan Pengaman

Pengamanan kendaraan di lokasi parkir biasanya adalah kunci pagar dan gembok. Jika Anda meningglkan mobil dalam waktu yang lama, pastikan Anda memarkir kendaraan di tempat yang menyediakan kunci dan gembok pagar. Lantas seperti apa yang dimaksud pengamanan yang berlipat ganda?

Selain menggunakan gembok yang merupakan pengamanan luar, perlu diberlakukan juga pengamanan dalam yaitu berasal dari mobil sendiri. Pengamanan dari mobil sendiri yaitu mengaktifkan alarm, mengunci pintu mobil dan mengunci ignition.

Sebenarnya masih terdapat saran tambahan yang mungkin saja akan semakin merepotkan. Hal ini jika kondisi sangat rentan yaitu apabila mobil sudah dibawa kabur. Yaitu memasang GPS tracker. Selain itu semua, Anda juga bisa menitipkan mobil pada orang yang paling Anda percayai.

Alarm Pengaman Mobil, sumber Berita Rakyat

Alarm Pengaman Mobil, sumber Berita Rakyat

2. Penuhi Tangki Bensin

Tips meninggalkan mobil selanjutnya adalah yang berhubungan dengan kerusakan kendaraan. Untuk mencegah agar tidak terjadi masalah pada kendaraan untuk dihidupkan kembali, pastikan Anda meninggalkan mobil dalam kondisi tangki bensin yang full. Mengapa demikian?

Bagian dalam tangki bensin bisa berkarat diakibatkan oleh suhu dan pengaruh lingkungan lainnya yang bisa terjadi ketikan mobil tidak dihidupkan dalam waktu lama. Jika berkarat, tentu saja akan menyisakan serpihan yang nanti membuat sistem tangki bahan bakar mobil bermasalah dan mesin tidak dapat hidup. Maka, penuhilah tangki bensi mobil Anda.

3. Tidak Perlu Mencabut Aki

Aki atau bagaikan baterai pada mobil berfungsi untuk menghidupkan berbagai perangkat elektronik bagian dari kendaraan mobil. Sejak dulu, siapa saja yang meninggalkan mobil dalam waktu yang lama disarankan untuk mencabut aki agar tidak tekor atau kehabisan daya padahal tidak digunakan.

Tips meninggalkan mobil selanjutnya ini malah memberikan saran kebalikannya. Biarkan aki tetap terpasang apalagi jika kendaraan Anda keluaran terbaru. Karena pada mobil produksi mutakhir, perangkat elektronik memang tetap hidup meskipun mesin mati. Seperti perangkat komputerisasi.

Konsekuensinya apabila aki dicabut, perangkat komputerisasi ini akan mati dan Anda perlu me-reset ulang saat nanti kembali dari liburan dan akan menggunakan mobil. Hal ini akan menyulitkan Anda karena harus menghubungi bengkel. Karena itu, aki tetap dibiarkan terpasang saja.

Adapun seandainya aki tekor, hal ini lebih mudah ditangani daripada me-reset perangkat komputerisasi pada mobil. Para montir atau layanan bengkel juga pasti akan menyarankan hal ini.

Tangki Bensi Mobil Berkarat, sumber Momobil.id

Tangki Bensi Mobil Berkarat, sumber Momobil.id

4. Lepaskan Rem Tangan

Saran lainnya yang sebaiknya tidak dilakukan saat meninggalkan mobil adalah mengaktifkan rem tangan. Ternyata mengaktifkan rem tangan dalam waktu lama justru mengakibatkan masalah pada perangkat rem yang mengakibatkan bahaya ketika digunakan tanpa diperiksa terlebih dahulu. Lantas bagaimana antisipasi seandainya mobil diparkirkan pada jalanan yang miring?

Solusinya adalah dengan memasang pengganjal pada roda kendaraan. Pengganjal pada roda akan lebih efektif daripada mengaktifkan rem tangan. Pastikan Anda memasang pengganjal roda yang tepat.

5. Parkir di Tempat Teduh

Suhu lingkungan yang tidak menentu dapat berdampak pada kendaraan mobil. Apalagi jika dibiarkan lama terkena cuaca yang terik misalnya, ataupun sebaliknya dibiarkan lama pada cuaca yang basah. Semua kondisi lingkungan apabila ekstrim perlu dihindari.

Langkah yang mudah untuk mengamankan mobil agar tidak terdampak pada cuaca yang ekstrim dalam waktu lama biasanya adalah dengan memarkirkannya pada tempat yang teduh. Tempat yang teduh menghindarkan terik panas, termasuk menghindarkan dari percikan hujan.

6. Gunakan Sarung Mobil

Jika sudah diparkir di tempat yang teduh, apakah masih diperlukan untuk menggunakan sarung mobil? Jawabannya tergantung kondisi juga. Jika tempat yang teduh menghidarkan mobil dari cuaca atau pengaruh lingkungan yang ekstrim, sarung mobil dapat memberikan manfaat tambahan.

Bukan tidak mungkin bahwa pada lingkungan kendaraan yang diparkir terdapat hewan kecil hingga burung-burung. Hewan semacam ini dapat mengakibatkan kotor pada body mobil bahkan dapat masuk ke bagian dalam mobil. Karena itu, gunakanlah sarung mobil.

Sarung Mobil, sumber Tribun Jogja

Sarung Mobil, sumber Tribun Jogja

7. Jaga Interior Mobil

Jika ditinggal dalam waktu yang lama, bagian interior mobil wajib dalam kondisi bersih untuk mencegah bakteri timbul di karpet mobil, jok, bahkan kabel-kabel di dalam mesin. Anda bisa menggunakan sedikit pengharum ruangan untuk menjaganya agar kabin mobil tetap wangi. Termasuk formula lainnya untuk menjaga kelembaban bagian interior mobil.

8. Cuci Sebelum Ditinggalkan

Jika Anda meninggalkan mobil dalam kondisi kotor, maka kotoran tersebut dapat berubah menjadi water spot atau umum dikenal jamur. Untuk menghindari hal ini, mencuci kendaraan terlebih dahulu sebelum meninggalkannya akan meminimalisir potensi munculnya water spot. Saat mencuci juga pastikan bagian interior mobil turut dibersihkan. Utamanya dari kotoran makanan karena dapat mengering dan mengundang serangga.

Itu dia beberapa tips meninggalkan mobil saat berliburan agar tetap aman terjaga. Semoga tips ini dapat memudahkan Anda untuk mempraktikkannya. Simak berbagai ulasan lainnya di PT Global Transport.