Akibat Mobil Kebanjiran, Ini Cara Tepat Antisipasinya!

Mobil kebanjiran akan mengakibatkan berbagai macam permasalahan. Namun ternyata terdapat juga cara mengatasi mobil kebanjiran. Bagaimana tips untuk menjaga kendaraan gara dapat diantisipasi dari kerusakan akibat bencana alam yang semacam ini?

Setiap akhir hingga awal tahun, memang Indonesia akan menghadapi cuaca ekstrim. Sehari-hari akan cenderung basah dan hujan bahkan banjir. Para pemilik kendaraan perlu mengerti kiat-kiat untuk merawat dan menjaga kendaraannya agar tetap aman di saat-saat seperti ini. Simak berbagai ulasan berikut ini.

Akibat Mobil Kebanjiran

Apa akibat mobil kebanjiran? Jika kita tidak mengerti cara mengantisipasi banjir yang merendam kendaraan dan tidak sempat melakukan perawatan akan ada beberapa masalah yang terjadi pada mobil yang kebanjiran. Untuk itu, jika Anda masih sempat mengantisipasi dan menghindari kendaraan agar tidak kebanjiran ketahui beberapa masalah yang mungkin terjadi.

Hal yang paling berat dan sering terjadi pada kendaraan yang kebanjiran adalah mogok. Terkadang memang kita tidak punya pilihan lain mau tidak mau harus melewati jalur tertentu untuk sampai tujuan. Seperti pengendara jasa angkut Jogja yang harus mengakses jalan utama. Namun siapa sangka jika jalur yang harus dilewati ini tergenang oleh banjir. Akibatnya kendaraan bisa sampai mogok.

Jika mogok hanya sekedar akibat rendaman atau kemasukan air pada bagian mesin, mungkin akan kembali menyala jika bagian ini dikeringkan. Namun akan lebih fatal akibatnya jika banjir sampai merusak komponen kendaraan mobil Anda. Misalnya komponen elektrik pada mobil. Hal bersifat listrik tentu akan korslet dan rusak jika terkena air.

Selain rusaknya komponen listrik yang membuat kita harus mengganti komponen ini, begitu juga pada komponen keras seperti bagian kendaraan yang terbuat dari logam. Akibat terendam banjir atau bahkan hanya sekedar sering basah karena hujan, komponen logam pada kendaraan mobil juga dapat berkarat. Karat pada bagian kendaraan akan membuat keropos dan bagian tersebut tidak kuat lagi untuk dipakai terus menerus.

Mobil Kebanjiran, sumber ASSA Rent

Mobil Kebanjiran, sumber ASSA Rent

Bagian lainnya yang juga terdampak akibat mobil kebanjiran adalah interior mobil. Terkadang, mobil kita sudah terlanjur berada di tengah banjir dan hanya bisa diakses kembali setelah banjir surut. Bagian interior mobil yang sebagiannya merupakan busa dan kain akan menjadi bau bahkan juga rusak. Inilah kira-kira berbagai hal yang bisa terjadi akibat mobil kebanjiran yang perlu diantisipasi.

Mengatasi Mobil Kebanjiran

Beberapa dampak akibat mobil kebanjiran dapat dicegah agar tidak sampai berakibat pada kerugian besar. Misalnya hanya sekedar perlu diservis setelah banjir tanpa harus menggantinya dengan yang baru. Nah, seperti apa cara untuk mengatasi mobil kebanjiran dengan meringankan dampak kerusakannya?

1. Melepaskan Kabel Aki

Aki adalah bagian yang menghidupkan seluruh komponen elektrik pada mobil. Termasuk juga starter mobil. Sebagaimana yang telah di bahas, bagian mobil yang sifatnya elektrik sudah pasti akan bermasalah jika menyala atau masih terkait dengan penyuplai listrik (dalam hal ini aki). Listrik memang sifatnya rentan terhadap air.

Karena itu agar seluruh komponen elektrik mobil tetap aman karena harus pasrah terendam banjir, segera lepaskan kabel negatif aki. Dengan begitu suplay energi listrik dari aki akan terputus dan diharapkan tidak terjadi masalah yang besar pada berbagai komponen listrik pada kendaraan mobil Anda.

2. Mengosongkan Tangki Bensin

Bagian mesin mobil sebenarnya tetap terbuka meskipun terdapat penutupnya. Karena kerja mesin memang membutuhkan tekanan masuk serta pembuangan untuk terus menggerakkan kendaraan. Karena itu saat mobil terendam banjir, tentu saja tangki bensin juga rentan kemasukan air.

Apa akibat jika bensin bercampur dengan air? Kemungkinan besar efek yang terjadi adalah karatan pada bagian dalam mobil. Karatan pada bagian mobil perlu dihindari agar bagian tersebut tidak rapuh karena keropos. Caranya adalah dengan mengosongkan tangki bensin agar tidak ada reaksi akibat tercampurnya bensin dan air karena banjir.

3. Menonaktifkan Rem Tangan

Mesin Mobil Akibat Banjir, sumber Oto Spector

Mesin Mobil Akibat Banjir, sumber Oto Spector

Jika posisi parkir kendaraan berada pada tempat yang miring, mungkin hampir tidak ada yang bisa dilakukan kecuali tetap mengaktifkan rem tangan pada mobil. Namun hal ini dapat berakibat terjadinya kerusakan karena bagian rem mobil terendam banjir. Lantas apa yang mungkin dapat dilakukan?

Sebisa mungkin parkir kendaraan pada bagian jalan atau tempat parkir yang datar. Setelah itu bisa ditambah ganjal pada roda agar kendaraan tidak tergerak akibat kemiringan jalan atau arus banjir. Jika ini bisa dilakukan, maka bagian rem mobil akan tetap terawat meskipun harus tetap diperiksa setelah terendam oleh banjir.

4. Jangan Menyalakan Kendaraan

Tips mengatasi kerusakan mobil akibat kebanjiran yang satu ini adalah saat kondisi banjir telah surut. Namun tentu saja memang telah jelas bahwa mobil Anda sempat terendam banjir untuk waktu yang cukup lama. Sehingga kemungkinan kemasukan air pada bagian mobil akan lebih pasti. Jika hal ini terjadi, jangan menyalakan kendaraan.

Kendaraan yang dinyalakan padahal masih terdapat sisa-sisa air akibat terendam banjir tentu akan merusak. Minimal kendaraan akan mogok dan tidak menyala karena pada mesin terjadi mekanisme pembakaran yang bertolak belakang dengan basah akibat terendam banjir. Langkah yang bisa dilakukan adalah mendorong mobil sampai pada jarak yang cukup untuk memastikan kendaraan sudah mengeluarkan air sisa rendaman banjir.

5. Bawa ke Bengkel Segera

Apabila masih ragu dan bahkan sudah terjadi kerusakan akibat banjir, segera bawa ke bengkel dan sebaiknya tidak dikendarai. Karena mengendarai mobil yang kemungkinan bermasalah akan membahayakan pengendaranya. Segera telpon bengkel terdekat untuk menggunakan layanan towing agar kendaraan dapat diservis.

Itu dia beberapa hal yang bisa diupayakan saat mobil terendam banjir. Semoga ulasan ini dapat memberikan masukan dan informasi yang tepat bagi Anda. Simak terus berbagai ulasan lainnya di halaman PT Global Transport.