Berwisata di Museum Angkut Malang, Menarik dan Edukatif

Kebutuhan akan jasa sewa kendaraan penumpang hingga kendaraan angkut barang terbilang ramai di Indonesia. Namun seperti apa sejarah keberadaan alat tranportasi di Indonesia? Salah satu cara asyik untuk mengetahui sejarah angkutan di Indonesia adalah dengan mengunjungi museum angkut Batu, Malang.

Bukan hanya informasi marketing seputar sewa kendaraan, jasa angkut dan sewa truk box saja, tim redaksi PT Global Transport ingin mengulas juga informasi seputar angkutan atau transportasi dengan cara mengajak Anda untuk berwisata. Kali ini kita berwisata di museum angkut yang bisa jadi hanya satu-satunya di Indonesia.

Museum Angkut di Indonesia

Museum angkut di Indonesia salah satunya terdapat di Malang, Jawa Timur. Sejarah keberadaan berbagai angkutan termasuk berbagai modanya mulai dari darat, laut hingga udara merupakan sejarah yang panjang. Jika mencari banyak referensi seputar transportasi Indonesia bisa menjadi kegiatan melelahkan, cobalah untuk mempelajari sejarah transportasi di museum angkut.

Sebenarnya museum yang bertemakan transportasi ini bukan hanya berada di Malang. Terdapat pula museum angkut Jakarta, museum angkut Solo, museum pesawat dan museum kapal yang berada di beberapa wilayah Indonesia. Semuanya merupakan destinasi wisata namun edukatif untuk dikunjungi.

Zona Gangster Town, sumber @roymarcelloo

Zona Gangster Town, sumber @roymarcelloo

Jika membahas museum angkut Malang, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata edukatif ini sembari menikmati Kota Batu yang juga dikenal sebagai destinasi wisata populer di Indonesia. Bertemankan iklim cuaca lokal yang ramah bahkan sejuk, rasanya rugi jika hanya berkunjung ke kota tanpa menyempatkan kunjungan ke museum angkut yang satu ini.

Keberadaan destinasi wisata edukatif seputar transportasi ini terbilang baru. Karena tempat ini baru diresmikan sekitar 2014 yang lalu, tepatnya di tanggal 9 Maret. Meskipun begitu koleksi berbagai kendaraan mulai dari yang lampau hingga modern mencapai kira-kira 500-an item. Tempatnya-pun luas untuk dinikmati yakni sektar 3,8 hektar.

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Bagi Anda yang ingin mempersiapkan diri berkunjung ke museum angkut Malang saat masa berliburan nanti, berikut ini informasi tentang lokasi, jam operasional museum dan fasilitas yang terdapat di dalamnya. Rencana wisata Anda akan dapat berjalan dengan baik jika mengetahui berbagai informasi ini.

Destinasi wisata transportasi ini berada di Jl. Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur. Keberadaannya tepat di sekitar lereng Gunung Panderman. Meskipun begitu, Anda dapat menggunakan Google Map saat berada di Kota Batu untuk menemukan lokasinya dengan mudah.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum setempat, ikuti deskripsi rute berikut ini. Dari Malang ke arah utara untuk menuju ke Alun-Alun Kota Batu. Dari Alun-Alun Kota Batu lokasi tujuan hanya berjarak sekitar 10 menit. Jangan ragu untuk bertanya ke penduduk sekitar.

Bagi yang menggunakan transportasi bus dan turun di Terminal Arjosari Malang, bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkot ADL tujuan Arjosari – Dinoyo – Landungsari atau angkot AL tujuan Arjosari – Landungsari lalu turun di Terminal Landungsari. Dari Terminal Landungsari, dilanjutkan menggunakan angkot menuju Terminal Kota Batu, kemudian tujuan Museum Angkut.

Kunjungilah museum ini mulai pukul 12:00 hingga 20:00. Waktu yang fleksibel bagi wisatawan karena tidak harus terlalu pagi mempersiapkan diri untuk traveling. Wisatawan juga dapat mengunjungi tempat ini setiap hari baik di hari kerja hingga saat weekend.

Untuk harga tiket masuk, setiap orang dapat membelinya dengan harga Rp. 70.000 di hari-hari biasa dan Rp. 100.000 untuk kunjungan saat weekend dan hari libur. Harga tiket masuk ini bisa berbeda bagi Anda yang menggunakan jasa paket wisata. Namun bisa juga tetap sama.

Kota Wisata Batu, sumber Gesuri

Kota Wisata Batu, sumber Gesuri

Wahana Museum

Penasaran apa saja yang dapat dinikmati di museum angkut Malang ini? Sebagaimana yang sudah dideskripsikan sekilas, museum ini berisi berbagai objek tranportasi utamanya kendaraan dari masa ke masa. Berikut informasi seputar fasilitas wahana museum ini.

1. Hall Utama

Ketika masuk ke dalam museum, yang pertama kali ditemukan adalah hall utama. Di sini disajikan pemandangan berupa alat tranportasi dari masa ke masa dari berbagai negara. Pencahayaan ruang ini juga menarik sembari pengunjung dapat membaca informasi di sekitar item yang dipamerkan.

2. Batavia

Jika Anda beralih ke spot lainnya dan menemukan zona Batavia, ada pemandangan khas di sini. Berbagai kendaraan cina serta kendaraan bercirikan Belanda di masa kota Batavia tersaji di sini. Suasana lampau begitu terasa dengan setting pemandangannya.

3. Eropa

Tidak ketinggalan juga berbagai kendaraan yang khas berasal dari Eropa di masa lalu yaitu Italia, Jerman, Perancis dan Inggris. Menariknya berbagai kendaraan dari Eropa ini merupakan kendaraan yang pernah digunakan oleh para pejabat kerajaan-kerajaan dari berbagai negara Eropa tersebut.

4. Gangster Town

Tema gangster town, Amerika di masa yang lalu ternyata juga menarik untuk dilihat dan menjadi spot foto. Bukan situasi dimana para gangster sedang beraksi, namun kendaraan-kendaraan yang tampak di masa itu begitu khas dengan gaya klasik yang elegan.

5. Hollywood

Untuk zona hollywood, Anda akan melihat pemandangan lain dari yang lain. Bahkan pemandangan semacam ini bukanlah situasi yang nyata termasuk keberadaan kendaraannya. Karena di sini Anda akan melihat berbagai kendaraan yang digunakan di dalam film-film terkenal hollywood. Membuat penasaran bukan?

Zona Batavia Museum Angkut, sumber Medium

Zona Batavia Museum Angkut, sumber Medium

6. Las Vegas

Untuk zona Las Vegas juga merupakan salah satu tema menarik tersendiri. Di sini terdapat berbagai kendaraan yang digunakan di area kota yang gemerlap dengan kehidupan malamnya.

7. Zona lainnya

Terdapat berbagai zona lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi. Bahkan terdapat zona yang menampilkan moda transportasi udara dan laut yang juga edukatif bagi pengunjung.

Itu dia ulasan seputar wisata Museum Angkut Malang yang menarik dan edukatif untuk dicoba. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi bagi perjalanan wisata Anda. Ikuti terus berbagai artikel menarik lainnya di halaman jasa Sewa Truk, PT. Global Transport.