Perbedaan All New Xenia Vs All New Avanza 2018

Berbicara soal dua mobil yang identik baik penampilan maupun spesifikasinya, maka jawabannya adalah All New Xenia dan All New Avanz. Kedua mobil yang memang saudara kembar ini sudah bertahun-tahun hadir di pasar otomotif di tanah air. Keduanya memang telah lama menjadi idola pengguna kendaraan bermotor di tanah air apalagi karena konsepnya sebagai family car yang memang dirancang sedemikian rupa untuk menampung lebih banyak penumpang. Kali ini, yang akan diulas lebih jauh adalah perbedaan All New Xenia vs All New Avanza untuk varian terbaru yang baru-baru ini telah diluncurkan di pasar tanah air. Meskipun perbedaan keduanya tidak terlalu mencolok namun masing-masing dari mobil ini ternyata punya fans tersendiri.

 

Dari berbagai varian mobil Xenia (baca sewa Xenia), varian yang tertinggi adlah New Xenia 1.3R dan setara dengan All New Avanza tipe G A/T. Untuk varian ini, Xenia tersedia dalam 4 pilihan berbeda yakni Xenia Deluxe, Standar, Sporty and Attivo. Untuk pilihan transmisinya, Xenia menyediakan dua pilihan berbeda yakni manual dan otomatis. Sama halnya dengan mobil All New Avanza yang juga menawarkan dua pilihan transmisi yakni manual dan otomatis.

 

Perbedaan All New Xenia Vs All New Avanza: Eksterior

Kali ini, ulasan dimulai dengan membahas tampilan eksterior dari mobil Daihatsu Xenia. Untuk generasi terbaru yang mulai dijual pada tahun 2016 ini, Avanza mengusung konsep baru. Terlihat dari tampilan desain lampu depan yang berbentuk trapezium dan ujung runcing. Desain baru juga terlihat dari bagian spoiler dan grille depan yang lebih mewah dan elegan. Tedapat perbedaan pada bagian bawah tpetanya pada aksen pillar black out yang sengaja ditampilkan dengan warga yang yang sedikit lebih gelap agar terkesan sporty dan stylish. Xenia juga menampilkan desain velg baru untuk bagian kaki dengan gaya sporty yang lebih kuat.

 

Sedikit berbeda dengan saudara kembarnya, Avanza (baca sewa Avanza) menawarkan desain body eksterior yang lebih elegan dan stylish dibanding varian terdahulu. Bagian depan mobil ini memang menawan dengan danya desain headlamp yang terbaru. Desain ini meminjam bentuk trapezium dengan ujung runcing ke luar. Sebenarnya desain headlamp ini mempunyai kemiripan dengan Xenia. Ke bagian grille radiator, Avanza mengusung konsep dengan ukuran yang lebih besar dengan bentuk horizontal. Tampilan ini membuat grille terlihat mewah dan gagah. Untuk bagian samping, Toyota memilih menyematkan New Side Body Molding agar memiliki aura sporty yang kuat. Berpindah ke bagian belakang mobil, Avanza menyuguhkan konsep yang baru dengan lampu utama berbentuk vertikal. Terdapat juga aksen New Smoothing Panel untuk memberikan aura yang baru dan lebih segar. Selain itu, lampu belakang Xenia juga dilengkapi dengan Lens Garnish.

 

 5 Foto Detail Great New Xenia Terbaru Jogja

Pilihan WarnaSafetyKursiDasboardEksterior
Perbedaan All New Xenia Vs All New Avanza 2018
Perbedaan All New Xenia Vs All New Avanza 2018
Perbedaan All New Xenia Vs All New Avanza 2018
Perbedaan All New Xenia Vs All New Avanza 2018
Perbedaan All New Xenia Vs All New Avanza 2018

Perbedaan All New Xenia Vs All New Avanza: Interior

Perbedaan All New Xenia vs All New Avanza juga dapat dilihat dari desain interior di dalam kabin. Xenia menampilkan nuansa baru dengan kombinasi dua warna yang berbeda. Kombinasi ini sengaja dipilih untuk menguatkan kesan elegan dan mewah di dalam kabin. Di bagian dashboard, desain modern diusung dengan dua aksen warna yakni cokelat terang dan gelap. Terdapat panel layar MID atau Multi Information Display dengan tombol AC dan audio di bawah panel. Panel tersebut juga diisi oleh sejumlah fitur unggulan diantaranya adalah indikator bahan bakar, indikator ECO lamp, indikator lampu sein dan juga indikator lampu utama. Ke bagian kursi di baris kedua, Xenia menampilkan 7 kursi penumpang dengan jok empul dan juga berbalut bahan kulit sintetis yang berkualitas tinggi. Desain ini mampu membuat suasana kabin terlihat nyaman dan menyenangkan. Kursi penumpang tersebut juga dilengkapi dengan fitur khusus untuk pengaturan sehingga dapat memberikan kenyamanan yang lebih bagi penumpang ketika melakukan perjalanan. ( baca Juga bus pariwisata Jogja )

 

Lalu bagaimana dengan tampilan interior Avanza? Well, kali ini All New Avanza tampil sedikit berbeda dengan varian terhadulu. Di bagian ruang kemudi, Avanza tampil dengan sentuhan elegan dan modern. Konsep yang diusung adalah dashboard beraksen gelap. Konsep ini memang sesuai dengan tema yang diusung kali ini yakni “dashboard panel design with all new black tone”. Tidak hanya terlihat modern, tetapi desain ini membuat interior Avanza menjadi lebih sporty dan stylish. Terdapat panel layar sentuh berukuran 6.1 inci di ruang kemudi. Panel tersebut dilengkapi dengan sejumlah fitur unggulan diantaranya Advanced Audio System dan juga sumber konektivitas yang bermacam-macam diantaranya adalah CD, DVD, USB, AUX, Bluetooth dan slot khusus untuk iPod atau iPhone. Bagian kabin penumpang juga dirancang apik dengan jok berkualitas tinggi dan ruang kaki serta kepala yang luas sehingga menambah kenyamanan.  ( baca  perbedaan pajero )

 

Perbedaan All New Xenia Vs All New Avanza: Performa Mesin

Perbedaan Xenia dan Avanza juga terlihat dari performa mesin meskipun perbedaannya tidak terlalu mencolok. Kali ini, Xenia menampilan performa mesin yang makin irit dengan dilengkapi teknologi Dual VVT-i. Tersedia dua varian mesin yang berbeda yakni yang berkapasitas 1.0 liter dan 1.3 liter. Untuk mesin berkapasitas 1.0 L yang digunakan adalah mesin bertipe EJ-VE DOHC VVT-I dengan 3 silinder dan 16 katup. Mesin ini mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 63 PS dengan torsi maksimal sebesar 9.2 Nm. Untuk Anda yang tinggal di wilayah perkotaan, mesin ini layak jadi pilihan pertama karena penggunaan bahan bakar yang lebih irit dan performa yang lebih halus.

 

Varian mesin kedua adalah mesin berkapasitas 1.3L bertipa 1NR-VE DOHC Dual VVT-i. Dengan kapasitas yang lebih besar, mesin ini jelas bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar juga yakni mencapai 97 PS dan torsi maksimal sebesar 12.3 Nm. Untuk pengguna yang bergaya sporty dan gemar mengemudikan kendaraan dengan kecepatan yang cenderung lebih kencang, tipe ini lebih cocok dengan gaya mengemudi Anda. Jangan khawatir soal penggunaan bahan bakar karena tetap irit berkat teknologi injeksi EFI.

 

Untuk Avanza, tipe mesin yang tersedia adalah mesin dengan kapasitas 1.3L dan juga 1.5L. kedua mesin tersebut bertipe sama dengan DOHC, 4 silinder, 16 katup dan juga teknologi dual VVT-i. Fitur EFI pada mesin ini membuat mobil mempunyai tenaga yang mumpuni dengan konsumsi bahan bakar yang tetap irit. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan oleh mesin berkapasitas 1.3L adalah 95 PS dengan torsi maksimal 12.3 Nm. Sedangkan untuk mesin berkapasitas 1.5L maka tenaga dan torsi maksimal yang dapat dihasilkan jelas lebih besar dibanding dengan mesin berkapasitas 1.3L. Keunggulan performa mesin inilah yang kerap menjadi alasan banyak orang untuk membeli atau menyewa Avanza. Nah, jika Anda berencana untuk menghabiskan liburan di Jogja, maka sewa Avanza (baca mobil Jogja) menjadi pilihan yang tepat.

 

Tidak hanya perbedaan All New Xenia vs All New Avanza yang menarik untuk dibahas tetapi juga perbedaan Fortuner dan TRD Sportivo (baca perbedaan Fortuner).