Perbedaan All New Pajero Sport Dakar 4×2 dan 4×4

Perbedaan All New Pajero Sport Dakar 4×2 dan 4×4 segmen SUV bisa jadi menjadi salah satu segmen dengan tingkat persaingan yang paling tinggi. Dengan banyaknya varian mobil yang tersedia, tidak heran tiap pabrik selalu berusaha sekuat tenaga untuk menjual lebih banyak mobil. Salah satu pabrik yang menghasilkan SUV favorit di tanah air adalah Mitsubishi dengan All New Pajero Dakar. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan nama varian mobil yang satu ini, Yup, Pajero  yang telah hadir di pasar tanah air selama beberapa tahun terakhir memang menjadi pesaing terberat Fortuner (baca sewa Fortuner di Jogja). Pajero sendiri mempunyai banyak penggemar karena mobil ini memang punya performa mesin yang handal. Memacu mobil ini di medan jalan yang sulit dan terjal bukan suatu yang sulit. Nah, kali ini, Mitsubishi mempersembahkan dua model Pajero yang berbeda. Adalah Pajero Dakar 4×2 dan 4×4. Mau tahu perbedaan Pajero Sport Dakar 4×2 dan 4×4? Simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan Pajero Sport Dakar 4×2 dan 4×4: Eksterior

Soal tampilan eksterior, Pajero tidak pernah mengecewakan. Meskipun satu varian dan hanya beda model penggerak, namun masih terdapat perbedaan Pajero Sport 4×2 dan 4×4 sehingga membuat kedua mobil ini makin autentik dengan ciri khasnya masing-masing.

Kali ini, Mitsubishi mengemas mobil ini dengan lebih apik dan elegan sama seperti yang dilakukan Toyota untuk Fortunernya. Hal ini terlihat dari tampilan bagian depan yang didominasi dengan laburan rona krom yang menghasilkan gaya futuristic, mewah dan juga aerodinamis. Bagian depan mobil ini juga lebih istimewa dengan adanya desain lampu yang sipit namun modern. Menggunakan lampu jenis LED dan DRL, Pajero ini menjamin fungsi dari lampu depan agar dapat terus optimal ketika digunakan. Begitu halnya dengan lampu belakang LED yang juga mampu menghasilkan cahaya optimal. Mitsubishi juga tidak lupa menambahkan nuansa krom untuk bagian grill agar terlihat lebih modern dan penggunaan ban berukuran 18 inci.

Beralih ke Pajero 4×4. Untuk model yang terbaru kali ini, Mitsubishi tampil habis-habisan di varian termahal dari All New Pajero Sport ini. Tampilan dari mobil ini sebenarnya sangat mirip dengan Pajero 4×2 baik dari tampilan depan dengan aksen krom, ukuran ban serta desain bodi belakang dengan lampu berbentuk sipit. Hanya satu hal yang membedakan yakni emblem Dakar 4×4 yang terpasang di bagian pintu bagasi. Jadi, ketika Anda bertemu dengan mobil ini di jalan, maka perhatian emblem di pintu belakang untuk mengidentifikasi apakah mobil tersebut bertipe 4×2 ataupun 4×4.

 

 All New Pajero Sport Dakar

Interior PajeroEksteriorMesinKursiKemudi
Interior Pajero Terbaru Sport Dakar 4x2 dan 4x4
Pajero Sport Dakar 4x4
Mesin Pajero Dakar 4x4 dan 4x2 Terbaru all new
Kursi Pajero sport Dakar 4x4 dan 4x2 terbaru
Stir Pajero Terbaru Dakar 4x4

Interior

Beralih ke bagian dalam kabin, di seri yang terbaru ini, Mitsubishi tidak tanggung-tanggung dalam merancang tampilan dalam dari mobil All New Pajero. Hal ini terlihat dari bagian dasbor yang tampil dengan mobil yang berbeda. Dasbor ini mempunyai bagian atas berbentuk datar dan dilengkapi dengan panel cluster pada bagian tengah. Khusus di varian 4×2 ini, Pajero mempunyai wood panel di semua jok penumpang yang dibungkus material kulit dengan warna hitam. Perpaduan ini sengaja dipilih untuk memunculkan kesan mewah. Sayangnya, Pajero memilih untuk menggunakan material plastik keras untuk bagian door trim dan dasbor.

Beberapa fitur lain yang kurang maksimal adalah pengaturan jok elektrik yang hanya tersedia di bagian pengemudi saja. Begitu halnya dengan fitur auto power window hanya bisa dioperasikan oleh pengemudi saja. Namun, kekurangan tersebut terbayar dengan tombol pengaturan di bagian tengah sehingga lebih mudah untuk dijangkau dan juga dioperasikan. Sistem pendingin ruangan yang digunakan adalah AC Dual Climate Control dengan blower tambahan.

Pajero 4×2 mengadopsi sistem teatrikal untuk tempat duduk penumpang sehingga kabin depan sangat lega untuk penumpang yang berpostur tinggi di atas 170 cm. Dan di bagian tengah juga terdapat ruang kaki dan kepala yang cukup luas. Hanya saja, bagian belakang menjadi yang paling sempit dan lebih pas untuk digunakan oleh anak kecil atau penumpang berpostur pendek dengan tinggi maksimal 160 c.

Tidak terlalu berbeda dengan Pajero 4×2, Pajero 4×4 juga tampil dengan sejumlah fitur dan desain yang mirip. Kemiripan tersebut terlihat dari sistem teatrikal untuk tempat duduk, panel kayu dan sistem pendingin ruangan AC Dual Climate Control. Perbedaan Pajero terlihat pada bagian konsol tengah pengemudi. Di bagian ini, Pajero 4×4 tampil dengan kenop pengaturan untuk merubah posisi gigi transfer. Tersedia empat pilihan pengaturan yang berbeda yakni empat roda (4H) dengan rasio gigi rendah dan tanpa pengunci diferensial, dua roda (2H) dan juga empat roda (4HLc) dengan rasio gigi rendah dan pengunci diferensial, serta empat roda dengan rasio gigi tinggi dan juga pengunci gardan (4LLc).

Performa Dapur Pacu

Pajero 4×2 tampil dengan mesin tipe 4N15 berkapasitas 2.500 cc dengan dilengkapi teknologi DOHC MIVEC dan 16 katup. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 181 tenaga kuda dan torsi maksimal sebesar 430 Nm. Mesin ini menggunakan bahan bakar solar dan juga terbukti tangguh dengan adanya penambahan Variable Geometric Turbocharger. Performa suspensi dari mobil ini juga terbilang mengesankan dengan ayunan lembut termasuk ketika melaju di jalan yang tidak rata. Begitu halnya dengan sistem pengereman yang dilengkapi dengan sistem electronic parking brake tercanggih. Bobot setir mobil ini juga terasa sangat pas. Bahkan ketika melaju di medan yang sulit, mobil ini masih sangat nyaman untuk dikendalikan. Dengan sejumlah fitur dan performa mesin yang mengesankan, tidah salah jika mobil ini kerap dipilih oleh banyak orang baik pembeli ataupun sekedar penyewa (baca sewa Pajero di Jogja).

Beralih ke Pajero 4×4, tipe mobil tertinggi ini menampilkan fitur pengaturan mode medan terbaru. Tersedia empat mode pengaturan yang berbeda yakni Gravel, Rock, Mud-Snow dan juga Sand. Keempat fitur ini terbukti efektif untuk membatasi gerak roda sehingga tidak kelebihan putara ketika melaju di medan jalan. Untuk mesin di tipe 4×4, terdapat beberapa fitur tambahan diantaranya adalah Variable Geometry Turbocharger dan DOHC MIVEC. Performa mesin ini tidak perlu diragukan lagi bahkan ketika melaju di jalanan berpasir masih tetap dapat merespon dengan sangat baik dengan pengendalian yang tetap dinamis. Ketika uji coba, mobil pun juga selalu bisa mengikuti arah putaran setir tanpa masalah.

Jika Anda berkeinginan untuk menggunakan mobil ini ketika berada di Jogja, maka Anda tinggal menghubungi rental mobil Jogja terpercaya (baca transport Jogja).

Dengan informasi yang bermanfaat di atas, Anda akan dapat memilih dengan bijak mobil mana yang paling tepat untuk dibeli dan digunakan. Setidaknya dengan mendapat informasi mengenai perbedaan All New Pajero Sport Dakar 4×2 dan 4×4 maka Anda bisa tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing.