7 Tips Pindah Rumah yang Baik Untuk Dipraktikkan

Diantara banyak hal yang perlu dilakukan setidaknya sekali dalam setahun, namun begitu merepotkannya adalah pindah rumah. Apakah Anda termasuk salah satu yang masih mengontrak tempat tinggal dan berpengalaman dalam hal pindah rumah? Karena itu banyak orang langsung memilih sewa pick up untuk jasa pindah rumah.

Meskipun telah memilih salah satu rental pick up jasa pindah rumah, tetap saja berbagai barang perlu dipersiapkan dan diatur dengan baik. Antara sebelum pindah dan setelah pindah rumah, barang-barang harus berjumlah sama tanpa berkurang jumlah dan kualitasnya. Bagi Anda yang masih belum berpengalaman, simak tips berikut ini.

Tips Pindah Rumah

Pindah rumah akan menjadi lancar dan mudah jika dilakukan dengan tepat. Semakin banyak item yang harus dipindahkan, tentu akan semakin perlu diperhatikan proses pindah rumahnya. Berikut beberapa tips pindah rumah yang baik untuk dicoba.

1. Membuat Cek List Barang

Tips pindah rumah yang pertama mungkin sering dilewatkan oleh kita. Membuat cek list barang-barang yang kita miliki. Sebagian orang bahkan merasa membuat cek list barang ini merepotkan dan tidak perlu. Lantas, mengapa ini menjadi penting?

Ilustrasi Jasa Pindah Rumah, sumber Rumah.com

Ilustrasi Jasa Pindah Rumah, sumber Rumah.com

Berbagai barang yang kita miliki sebenarnya bisa dikelompokkan. Mulai dari barang rentan rusak, barang yang besar, barang berharga dan kategori lainnya. Akibat tidak membuat cek list, kita jadi tidak mengerti hal ini dan bisa berakibat kerugian. Misalnya apabila rusak apalagi ketinggalan.

Untuk menghindari kerepotan untuk membuat cek list, Anda bisa menggunakan gadget. Atau seandainya tidak punya waktu luang yang banyak, catat barang sejak jauh-jauh hari satu demi satu hingga tercatat dan terkelompokkan semua.

2. Packing dengan Tepat

List barang yang sudah tercatat dapat membantu Anda menentukan cara packing barang. Sehingga tips selanjutnya adalah packing dengan tepat. Dari list barang yang sudah Anda catat dan kelompokkan akan terbagi ke dalam berbagai jenis.

Misalnya barang berharga yang mudah rusak, barang-barang yang harus dibongkar pasang, barang mudah terbakar dan barang lainnya. Satu dan yang lain akan berbeda cara packingnya. Cara packing yang tepat dapat memastikan keamanan serta keawetan berbagai barang Anda.

3. Manfaatkan Barang yang Sudah Ada

Antara satu barang dan lainnya bisa saja bisa saling dimanfaatkan. Misalnya saat menggunakan rental pick up pindah barang, lemari besar diisikan berbagai barang yang ringan. Maka, space pick up akan dapat memuat barang lainnya sehingga lebih efisien saat proses pindah rumah.

Jadi, tidak semua barang harus di-packing khusus. Karena barang berharga bisa saja sampai harus dilapis sehingga terjaga dengan baik ketika proses pindah rumah. Pemanfaatan satu barang untuk menyimpan barang lain bisa juga mengurangi biaya pindah rumah untuk packing.

Daihatsu Gran Max, sumber Daihatsu Jogja

Daihatsu Gran Max, sumber Daihatsu Jogja

4. Pilih Waktu yang Tepat

Seberapa jauh pindah barang yang akan Anda lakukan? Bukan tidak mungkin sampai harus ke luar daerah. Namun tidak perlu menjadi kekhawatiran jika kita bisa memilih waktu yang tepat.

Ada masalah cuaca, kepadatan lalu lintas perjalanan, keamanan serta berbagai faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan. Antara cuaca cerah dan hujan, tentu akan lebih baik saat cerah. Antara weekend saat padat lalu lintas dan lengah tentu akan lebih baik saat lalu lintas lengah.

5. Pastikan Kondisi Rumah Baru

Bagaimana kondisi rumah yang akan ditempati, apakah dapat memuat semua barang yang Anda miliki? Atau sebagian barang harus tetap dalam pack atau bungkusan karena kurangnya space? Inilah manfaat memastikan kondisi rumah baru yang akan ditempati.

Bisa saja kali ini Anda pindah ke rumah yang minimalis dibandingkan yang sebelumnya. Sehingga tidak semua barang dapat diletakkan, namun harus disimpan dan baru akan dikeluarkan saat digunakan. Rumah minimalis memang menuntut tata cara yang seperti ini salah satunya.

6. Pilih Rental Pick Up

Untuk memudahkan transportasi pindah rumah, Anda bisa menggunakan sewa pick up. Untuk rumah tangga di Indonesia, kecil kemungkinan sampai harus menyewa truk untuk pindah barang rumah kontrakan. Namun pick up juga bisa ditentukan kapasitas dan powernya.

Misalnya Anda memilih Daihatsu Gran Max Pick Up memiliki keunggulan yang ditawarkan, diantaranya :

Cek List Barang, sumber Viva

Cek List Barang, sumber Viva

  • Menggunakan mesin untuk MPV dan SUV. Dimana mesin untuk gran max 1300 cc menggunakan mesin yang sama untuk Avanza-Xenia dan mesin untuk gran max 1500 cc menggunakan mesin yang sama digunakan oleh Terios-Rush.
  • Kapasitas angkut mobil ini juga besar dengan ukuran box panjang 2,35 meter, lebar 1,58 meter dan tinggi 0,3 meter.
  • Pada bagian depan mampu menampung hingga tiga orang.

Harus jelas kapan dan berapa lama penggunaan rental pick up pindah barang dari lokasi awal ke tempat baru. Anda juga bisa memastikan driver yang mengemudikan kendaraan apakah sudah berpengalaman untuk jenis medan perjalanan tertentu misalnya lokasi perjalanan yang banyak bukitnya atau tempat yang terpencil.

7. Pastikan Barang Sesuai Cek List

Saat barang sampai di lokasi pindah rumah, jangan terburu-buru mengeluarkan barang dan memasukkannya ke dalam rumah. Keluarkan list barang yang sudah dibuat, pastikan barang diturunak satu per satu sesuai list yang telah Anda buat. Dengan begitu Anda dapat memastikan kondisi barang dan keberadaan semua barang Anda.

Itu dia 7 tips pindah ke rumah baru yang bisa Anda praktikkan. Dengan tips ini Anda dapat memprediksi keperluan pindah rumah serta apa saja yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah pindah barang. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.